Tuesday 15 May 2018

Get Lost in Borneo Part 7 - Pupuk Kaltim n Badak LNG!

Rabu, 23 Agustus 2017

Di pagi dingin dan penuh kabut ini kami memulai hari dengan melakukan senam 'go green'. As always, senam dilakukan per kelompok dan nantinya direkam.Yay, “Kelompok 8! kelompok 8!” panggil kami sambil melengkungkan jari membentuk angka delapan. Sekejap! Kelompok 8 langsung merapat.

Setelah mendiskusikan sesuatu, kami berjalan menuju ke halaman depan Hotel Oak Tree Bontang dan bergegas senam dan merekamnya. Kami membuat variasi-variasi baru seperti shuffle dance di bridge akhir senam. Kyaaa, mantap! Dengan sangat sabar, Faisal merekamkan video senam kami hahahaha.

Puas membuang keringat dan merekamnya, kebanyakan dari peserta sarapan dulu. Hmm, tidak berubah, gue ke kamar mandi duluan hehe. Biar kaga antre! Gue nikmatin tuh kesegaran air shower yang membuat rasa panas pergi. Sebenernya gue ngelanggar aturan, kan yang bener sarapan dulu tuh, baru mandi. Hmm.

Cawwww sarapan! Di sana cuma tinggal Abdi n temen-temennya. Oiya, toh kalo gue makannya tadi kan pasti antre makan juga. Meja makan kami terletak di dekat kolam renang di lantai dua, dan gaes kalo kita ga malas memandang, pemandangan sekitar hotel dari atas sini cukup bagus! Ye walau didominasi sama hutan gitu. Maklum lah hotelnya berada di perbatasan daerah Bontang dan Santan. Mon maap juga ye sinyal juga sangat susah :) kartu 3 gue yang kuotanya masih berapa puluh giga bener-bener ga bisa digunain di sini! Untung, gue sedia kartu telkomsel di dompet :) itu pun isinya cuma 3 giga! Habis dalam 5 hari.

Maaf ya Dek Oki, kita jadi ga ketemu gegara kamu ngehubungin aku tapi aku ga bisa cek karena kuota habis :) Why aku ga nanya password wifi hotel ya. Ga kepikir gaes soalnya padat banget kegiatan Jambore Generasi Hijau 2017. Duh jadi kangen Bontang nih. Back to topic! Seusai sarapan dan mandi, kami ngumpul di depan bus guna study visit ke PT Pupuk Kaltim dan PT Badak LNG atau NGL? Ah sama saja gaes.

Mendarat di PT Pupuk Kaltim. Ooh ini toh yang sering muncul di tipi n koran. Alhamdulillah bisa masuk dan belajar secara langsung di tempat ini. Suatu kehormatan bagi gue untuk mendengarkan speaker yang menjelaskan secara langsung apa saja kandungan dari pupuk dan cara pengolahannya. Setelah itu kami dibagi menjadi tiga kelompok yang masuk ke dalam 3 bus yang secara bergantian kan mengelilingi kompleks pengolahan pupuk ini. Gue kelompok ke tiga! Itu artinya.. masuk ke kloter terakhir sambil menunggu kelompok lain usai, kami berfoto-foto ria dan menyanyikan yel-yel. Luv dah.

Weh, sugoiii. Alat-alat di sini gede-gede dan banyak! Canggih pula! Mon maap ye, di Magelang ga ada kek begituan, hehe. Sayang seribu sayang, kami ga diperbolehkan membawa ponsel di area ini karena sangat rawan lah pokoknya. Yasud, nikmati saja dan rekam menggunakan mata masing-masing.

Setelah selesai dengan PT Pupuk Kaltim, kami langsung digiring kembali ke bus untuk menikmati perjalanan menuju PT Badak LNG. Pengolahan Sumber Daya Gas Alam di Indonesia baru ada dua gaes, di Arun LNG, Aceh dan Badak LNG, Bontang ini. Alhamdulillah bisa mengunjungi salah satunya.

Rombongan Jambore Generasi Hijau 2017 langsung disambut dengan hangat ketika memasuki kawasan PT Badak LNG. Kami langsung mendengarkan speaker dan hal yang kami tunggu-tunguu tiba! Yes, keliling kompleks! Tak jauh beda sama di PT Pupuk Kaltim tadi, kami dibagi menjadi tiga lagi. Namun kami langsung diberangkatkan bebarengan.

Wahh, kompleksnya ga kalah luas dibanding PT Pupuk Kaltim tadi.. ga kalah gede alat-alatnya. Ngeri deh, sumpah rumit banget. Mon maap, ga bisa ngefoto cz emang ga boleh bawa hp maupun kamera gaes. Demi keselamatan!

Jadi, kompleks ini kan letaknya di tepi laut gitu. Nah di ujung-ujung dah banyak kapal yang stand by buat ngangkut hasil sumber daya gas alam itu. Bahan-bahan itu kebanyakan dibawa ke Surabaya untuk diolah lagi atau ada juga yang langsung diekspor! Mantap banget lah gaes.

Selesai berkeliling, kami berfoto bersama. Ini wajib gaes. Oh iya, kami dapet topi dari PT Badak LNG. Take me back there, again hufty.

Selesai menambah pengalaman dari kedua perusahaan itu, kami langsung menuju ke
Hotel dan membersihkan diri. Pukul 16.30-17.30 ada talkshow dari Zetizen Jawa Post tentang sosial media. Setelah itu makan dan ishoma.

Sehabis isya kami mulai lagi talkshow dengan Tim Anderson, dari kedutaan New Zealand. Mantap kan gaes. Di sini kami diajari kebudayaan suku Maori, asli dari Selandia Baru. Kece gils.

Waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 22.00, kami masih melanjutkan latihan untul Cultural Performance besok. Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara kembali mendiami markas dan mulai berlatih lagi. Regional Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi & Indonesia bagian Timur pun ga mau kalah. Memang ga kenal lelah, dasar!