Tuesday 15 May 2018

Get Lost in Borneo Part 8 (The Last Part) - Sekali lagi!

23, 24, 25 Agustus 2017

Pagi yang sangat dingin untuk memulai aktivitas. Yeah antre untuk mandi dan sarapam seperti biasanya. Agenda hari ini adalah study visit! Kebetulan gue dapet jatah di SMA N 2 Bontang. Selepas mengerjakan rutinitas pagi hari, kami berkumpul di bus-bus yang telah disediakan oleh panitia.

Kami menuju ke Smada Bontang dengan riang gembira sambil menyanyi dan menari-nari. Setelah +- 30 menit perjalanan, akhirnya sampai juga di SMA N 2 Bontang. Sekolahnya Erniah hahahaha. Dia berasa lagi sekolah aja. Sampai di sana, kami langsung disambut dengan Tari Gong, tari adat Kalimantan Timur ini.

Merasa sangat tersanjung gaes. Anak-anak di sini cans n gans abeeezzz. Setelah penyambutan, rombongan Jambore Generasi Hijau 2017 dipersilakan menuju ke aula. Di sana kami disuguhi lagi tarian khas Banjar. Alhamdulillah ya, bisa lihat kek gini secara langsung. Tak lupa kami mengabadikan video dan foto bersama dengan mereka. Nice beibeh!

Setelah itu kami mengikuti talkshow mengenai lingkungan dan makan bersama dengan guru-guru serta murid-murid SMA N 2 Bontang. Kami disuguhi jajanan-jajanan pasar kayak di Jawa gitu.

Usai menikmati hidangan, kami dipersilakan mengamati lingkungan Smada Bontang. kami menuju ke markas ekskul green school. Anak-anak Smada yang tergabung dengan ekskul ini bahkan sudah mampu mengolah pupuk kompos dengan dibimbing oleh pembina mereka.

Selain itu, mereka menanam bunga dan sayur sayuran: anggrek, seledri, tomat, cabai, dan masih banyak lagi. Dan tak kalah menarik, mereka memanfaatkan sebagian selokan untuk membuat kolam lele. Hasil dari lele ini biasanya dibeli oleh guru-guru maupun pedagang. Wah keren, kecil-kecil dah bisa menghasilkan!

Selepas dari Smada Bontang, bus tidak langsung mengantar kami ke Hotel Oak Tree, namun singgah di pusat oleh-oleh Khas Kaltim. Uwww pernak pernik warna-warni Kaltim. Whyyy u are so cute hingga gue pengen beli semua. Tapi apa daya dompet :) gue cuma beli 2 sarung tenun. Gue ga pengen ngabisin duit di sini, besok gue mau ke Pasar Inpres Kebun Sayur (Pusat oleh oleh Kaltim di Balikpapan) yang katanya lebih murah n gede.

Tumben, ashar kita udah sampai di Hotel, setelah ishoma kami mulai gladi bersih buat penampilan di Pandawa Environmental Awards nanti malam. Ada hal yang bikin gue ga lupa sama sesi ini. Tapi ini privasi, gaes :)

Pandawa Environmental Awards 2017! Masing-masing regional menampilkan tarian dan nyanyian khas daerah masing-masing. Keadaan remang-remang dan ga bisa diungkapkan pake kata-kata. Pandawa Environmental Awards ditutup dengan nobar video-video aib selama Jambore Generasi Hijau 2017 :) oiya, acara ini outdoor, di dekat kolam. Romantis sekali ya teman. Setelah puas berfoto dengan siapapun, kami kembali ke kamae masing-masing dan beres-beres, cz we have to come back to Balikpapan. So sad but it’s true.

Pagi sekali, kami sudah antre mandi dan sarapan. Koper-koper kami masukkan ke bagasi bus. Ready to come back to Balikpapan! Bontang-Balikpapan paling cepet ya lima setengah jam. Gue, Fuad (Sulsel), Mambay (Jateng), Abdi (DIY), dan kawan-kawan duduk di bangku paling belakang. As always, gue di pinggir jendela. Gue cuma ngobrol sama Fuad cz lain dah mimpi indah. Hahaha. Gue niatnya juga ga mau tidur gaes sampe Balikpapan nanti. Tapi, gue ketiduran dan gue melewatkan pemandangan-pemandangan walaupun hutan sawit sama tropical rainforest :) Banayak juga hutan yang dibabat untuk pertambangan maupun perkebunan kelapa sawit. Btw, ngantuk banget, setengah 2 baru tidur dan dua atau tiga jam lagi bangun. Apa boleh buat, nasi telah menjadi bubur. Next time ya ke Bontang lagi insyaa Allah. Aamiin.

Bangun-bangun udeh sampe Samarinda aja. Ya, tinggal dua setengah jam lagi sampai di Balikpapan. OmG gue kok tadi bisa tidur lama banget :( Ya gaes Samarinda tuh emang agak kumuh, tapi gue cinta sama kota ini. Gue paling suka ketika melintasi Sungai Mahakam. Wih elok banget Masjid Islamic Center yang ada di seberang sungai sana! Duh, belum lihat pesut di Mahakam. Gue dah lewat jalan ini 4 kali :)
Balik lagi kuy.

Dua jam kemudian rombongan JGHN 2017 sampai di Bandara Sultan Muhammad Aji Sulaiman/ Sepinggan, Balikpapan. Setelah mengucap salam perpisahan, kami kembali ke rumah Nabila. Lho kok lu ga langsung pulang aja Len? Sante gaes, tiket gue masih besok. Ada banyak yang mau nginep di rumah Nabila: sebagian DIY n Jateng, Sumsel, Jambi, sebagian NTB, Aceh, dan Kalsel. Bakal rame banget nih rumah. Untung luas n Nabila baik banget. Big thanks to Nabila! Dia masih kelas 2 SMA but tinggi banget gils. Thanks terang bulan dan semuanya!

Sore harinya, gue, Rania, Dwi, Dhevi, Qibti dan Tiara hangout pake gocar ke pusat makanan khas Kaltim. Setelah itu, Si Rania, Qibti, n Tiara nge-mall. Lha gue, Dhevi, n Dwi pergi ke Pasar Inpres Kebun Sayur! Udeh dibilangin kalo banyak yang udeh tutup kalo sore kok ya masih nekad pergi ke sana :) Mmmm, ternyata bener, udah banyak yang tutup! Cuma ketemu beberapa toko aja yang masih buka. Kami cuma beli pakaian dan syal khas Kaltim. Yakali ke Kaltim ga beli tenun Kaltim? :) Harga di sini bisa murah kalo elu nawar.

Puas berbelanja, kami balik ke rumah Nabila. Malam itu kami makan banyak terang bulan, pempek, dan makanan khas lain. Makan sampe kenyang! Ga usah peduliin berat badanmu nak!

Anak-anak yang lain ga langsung tidur, eh gue langsung tidur cz dah capek banget gaes. Pagi harinya gue ngejak temen-temen gue jalan-jalan ngelilingi kompleks rumah Nabila. Tapi pada masih tidur, dibangunin susah banget yaampun. Balikpapan, selain kota yang sangat bersih, warganya juga sangat memerhatikan kesehatan tubuh mereka dengan rutin berolahraga.

Gue pergi ke Taman Tiga Generasi. Hanya sekitar empat ratus meter dari rumah Nabila. Gue jalan kaki sambil beli kuota. Oiya nasib kuota 3 ku masih banyak, namun masa berlakunya dah habis hari ini :) poor of me!

Keberangkatan gue ke Jogja masih pukul 11.30 nanti, namun pukul 10.00 gue udah stand by di Bandara Sepinggan. Pukul 11.30 lebih sedikit gue dah take off. Good bye, Borneo! See u next time!

Welcome to Jogja!
Oiya, bandara! Tempat favorit gue.