Thursday 17 May 2018

TRAVELING ALA GEMBEL TRAVELER

Traveling. Aktivitas yang satu ini membuat gue kecanduan hahaha. “Enak ye lu main terus” “Dari mana elu dapet duit?” “Sama siapa? Kok berani sih?” “Gabut banget sih hidup lu!” “Mau ke mana lagi lu?” Sering banget gue dapet cibiran-cibiran tersebut. Gemesh deh :v Daripada terus bertanya-tanya, sekarang waktunya gue kupas tuntas.

MANFAAT TRAVELING VERSI GUE
Apa aja sih manfaat dari traveling? Cekidot!

1. Mendapatkan Pengalaman
Jelas kalo ini. Inget ga sama quotes “Pengalaman adalah guru terbaik”. Yups, dengan melakukan sesuatu kita akan mendapatkan banyak pelajaran contohnya dengan memecahkan setiap masalah yang datang. Gaes, kita ga hidup ga cuma mengandalkan teori, namun praktek lebih penting. Pengalaman ga cuma bisa kita dapat dari bangku sekolah.

2. Mengajarkan Kita untuk Survive
Gini lho, kita harus bisa hidup mandiri makanya harus mengatasi segala rintangan dengan ga mengandalkan orang lain. Selain itu kita belajar hidup hemat, ga cuma foya-foya doang, apalagi pake duit ortu. It’s oke kalo ortu lu kaya, tapi kan yang kaya ortu elu :v Dari kecil ortu gue ngajarin buat ngehemat uang n jangan selalu ngandalin orang. “Jadi, gimana lu dapet duitnya?” gue nulis n nyari event-event n lomba gitu, kalo menang kan lumayan. Mon maap ni ye kalo ada yang ngira gue ga ada pengorbanan buat traveling.


3. Merefresh Otak & Open-minded
Huh, setelah berlama-lama di ruang segi emat a.k.a kelas gue pasti boring, makanya gue memilih buat escaping sambil nyari ide buat nulis, gambar dll. Walau akhir ini jarang banget gambar sih. Habis traveling biasanya otak gue jadi seger lagi. Jadi ga gampang ngeluh n nyalahin orang gitu. “Hadapi, hayati, nikmati setiap masalah di hidup!” kata guru BK SMP gue.

4. Menambah Relasi
Yakali dapet dari sekolah doang. Biar kita tau gimana sih keadaan di luar sana. Selain itu bisa mempercepat datangnya sebuah informasi biar ga kudet.-kudet amat.

5. Belajar Mensyukuri Nikmat-Nya
“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar Rahman:42).
Dengan melihat segala macam ciptaan Allah baik benda hidup maupun mati lantas menjadikan kita mengucapkan syukur setiap saat. Syukur karena kita diberi kesehatan, keberanian, kekuatan, kelancaran, dan sebagainya.


6. Traveling merupakan Perintah dari Allah
“Yang bener aja lu? Jangan ngasal.”Calm. Ini ada di QS Al Mulk ayat 13 yang berbunyi “Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu (kelmbali setelah) dibangkitkan.” masih ragu buat traveling?

7. Sebagai Reward
Piye kui? Gini lho, setelah aku melakukan kegiatan yang berat dan itu berhasil, maka aku memberikan hadiah kepada diri sendiri dengan jalan-jalan. Tujuannya? Biar kita serius sama pekerjaan yang hendak diselesaikan. Hehe.

8. Belajar dari Masyarakat
Kita pake teori gelas ya, kalo gelasmu itu penuh padahal kamu pengen ngambil sesuatu, ya kosongkan dulu gelasnya. Sama kalo kita pengen dapet ilmu, ya rendahkan dulu diri kita dan dapatkan sebanyak-banyaknya. Caranya? Dengan mengamati perilaku native, ya ga semua hal yang dia lakukan itu benar. Kita kan bisa memilah. Selain itu, kita hidup ga cuma buat diri sendiri, harus ada feedback buat orang lain dong. Entah itu dengan mengajari baca tulis, sharing sama anak-anak desa atau apapun lah sesuai cara elu.



TIPS TRAVELING ALA GUE

1. Bawa Barang Seperlunya
Ga usah bawa banyak koper gaes, kita ga mau pindahan. Hitung baju yang mau dibawa berdasarkan cuaca, lama traveling, dan kemungkinan lain. Pakai baju yang warnanya netral: hitam, putih, biru dongker, cream, abu-abu. Biar apa? Kalo mau lu padankan jadi mudah hehe. Paling penting, bawa tiket, dompet, paspor, makanan dan segala yang menunjang perjalanan lu.

2. Jangan Memesan Tiket Mendadak
Biasanya harga tiket pesawat H-1 lebih mahal daripada hari lain, namun kadang nggak juga sih, hehe. Tapi gue pernah mesen tiket H-1 dan harganya 3 kali lipat lebih gede. Huhu sedihnya, menangis dompet saya. Bisa juga dicoba hunting tiket pada tengah malam weekday (Senin-Jumat). Jangan lupa bandingkan harga dengan maskapai dan aplikasi lain. Kalo perlu ni ye seumpama kita tinggal di Magelang, coba deh bandingin harga penerbangan ke tempat tujuan dari Ahmad Yani (Semarang), Adi Sutjipto (DIY), dan Adi Soemarmo (Solo). murah dari mana dan waktu terbang mana yang paling cocok.

3. Cari Tahu Daerah Tujuan
Misal kita mau ke Lombok, browsing dulu gih apa saja transportasi yang bisa digunakan di sana. Makanan khasnya apa, harganya berapa? Rute menuju ke tempat yang dituju, dll. Jadi kita bisa memperkirakan besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

4. Selalu Menghargai Native dan Hati-Hati
Waktu gue di Suku Dayak, gue menghormati apa yang mereka kerjakan. Jangan bicara seenaknya dan membuat masalah. Dan jangan manja!

5. Jangan Lupa Ibadah
Jangan sampe imanmu turun gara-gara bepergian.

6. Nikmati Setiap Objek
Nikmati gaes ketika kita menjadi bagian dari masyarakat.


Sekian tips traveling a.k.a nggembel dari gue, semoga bisa menjawab rasa penasaran kalian. “Mau ke mana lagi?” Tunggu ya, gue lagi nabung. Doain aja secepatnya.

No comments:

Post a Comment