Friday 26 January 2018

Get Lost in Borneo Part 5 - Jambore Generasi Hijau Nasional 2017

Senin, 21 Agustus 2017

Pagi itu masih sangat gelap. Pukul 05.30 WITA kami senam pagi. Senam Go Green namanya. Tiap kelompok berhak membuat gerakan senam sesuai dengan kreativitasnya. Gue masuk di kelompok 8. Oya, kelompok kami punya yel-yel yang aneh "Eta kelompok 8.. Eta kelompok 8.. Kelompok yang lainnya.. bukan kelompok 8. Ayo semangat, jangan malu-malu. Kita kaum muda, jangan ragu-ragu."

Pukul setengah 06.30, kegiatan senam usai, gue langsung menuju kamar untuk mandi ketika peserta JGHN lain sarapan pagi. Segar sekali rasanya. Usai mandi, gue sarapan. Alhamdulillah ga perlu ngantre lagi hehe. Ada roti tawar, selai nanas, selai stroberi, dan selai kacang. Sikat jaa! xD


Setelah kenyang, gue keluar dari hotel. Peserta Jambore Generasi hijau 2017 udah stay di depan bus. Kami akan berangkat ke TPA Bontang Lestari. Sesampai di TPA kami dijelaskan mengenai cara-cara pengolahan dan pemisahan limbah.




Di situ kami dapat melihat dengan langsung aktivitas pengolahan dan pemisahan limbah. Bahkan kami disuguhi pisang yang direbus dari gas hasil olahan limbah. Greget kan! Puas menyantap pisang rebus, kami melihat cara mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Tak ketinggalan kami memilah sampah plastik.



Sebelum dzuhur rombongan JGHN 2017 sampai di Kantor Walikota Bontang. Kami disambut oleh pemerintah Kota Bontang di aula dilanjutkan sholat dzuhur berjamaah. Selanjutnya kami dijelaskan materi pengelolaan sampah oleh Taiki  dari Jepang dan mendengarkan materi yang disampaikan Kementerian Lingkungan Hidup.


Nah, kita diuji di sini. Banyak dari kami yang ketiduran ketika materi disampaikan :v sumpah, bukannya ga pengen dengerin, tapi emang kecapekan gitu cz kegiatan kami juga sampe tengah malam :) overall  JGHN itu asyik banget gaes. I swear!


Waktu menunjukkan pukul 15.00 WITA, kami menuju ke Taman Mangrove Graha Mandala Sakti. Sampai di sana, kami dibagikan makanan ringan oleh LO dan berjalan ke mushola untuk menunaikan shalat ashar. Selanjutnya kami ditemukan langsung dengan narasumber yaitu seorang pengusaha muda yang berhasil menggerakkan masyarakat untuk mendirikan tempat wisata favorit ini. Gils keren banget kan. Bener-bener menginspirasi kaum muda seperti kita.





Jujur, pada sesi ini pada ngarep banget menjelajahi taman mangrove, but kok udah sore banget gini. Pukul 17.30 kami baru dipersilakan masuk ke taman mangrove! Gue, Dwi, n Ragil bisa hunfot sambil memandangi pesona hutan mangrove dan lautannya. Di seberang ada gedung-gedung pertambangan minyak. Kota Bontang, perpaduan modern n tradisional.



Nah kami dicari-cari LO karena menghilang terlalu jauh. Kami malah bertemu teman lain, nggembel sudah. Wqwqw. Isya kami kembali ke Hotel Oak Tree. Setelah membersihkan diri dan mengenakan batik, Kongres Nasional Green Generation dimulai. Kami makan bersama-sama dan menari ria.



Selesai acara, Regional Jabalnus (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara) berkumpul di markas (sebelah kanan depan hotel) untuk membahas regional project dan cultural performance. Tiba-tiba Teh Mega dan LO lain memarahi kami karena sampai tengah malam masih berkumpul.

Lalu, kami disuruh masuk ke hotel. Ternyata yang masih terjaga tidak hanya  Jabalnus, tetapi Sumatera, Kalimantan, dan Sulintim. Kami dimarahi habis-habisan sampai kurang lebih pukul setengah 2 pagi. LO mengatakan bahwa di antara kami ada yang kehilangan barang dan di antara kami adalah pencurinya!

Semua peserta bertanya-tanya dalam hati. LO masuk ke kamar kami untuk menggeledah tas. Tiba-tiba, semua regional kecuali Kalimantan disuruh masuk kamar. Tinggal mereka yang tetap di lorong lantai 2. Gw, Nisa, Dhanan, Naba, dan Kifa masih menerka apa yang akan terjadi selanjutnya. Di kamar kami chit-chat.

Suara dari luar cukup jelas dari kamar. Mereka dibentak-bentak gitu. Tak lama kemudian.. "Happy birthday to you.. Happy birthday to you.. Happy birthday, happy birthday, happy birthday to you.." Ealah ternyata teman kami Caca dari Kalteng tuh ultah hehe :) hhhh. "Besok jangan ada yang ultah lagi!" Kata seseorang dari luar.

Bersambung...
.
.
.
Big thanks to:












No comments:

Post a Comment