Friday 19 September 2014

Contoh Penulisan Resensi Buku

BERMAIN CATUR DENGAN SEMPURNA

Oleh: Lena Sutanti


Judul Buku      : Bagaimana Memenangkan Permainan Catur Dengan Cepat
Penulis             : Bey Magethi
Tahun Terbit    : Juli 2013
Penerbit           : Pionir Jaya, Bandung
Ukuran             : 14,5 x 20,9 cm
Tebal               : 120 halaman
Harga               : Rp.18.500,00

Untuk bermain catur dengan baik, tentu saja harus dilandasi dengan pengertian akan permainan catur itu sendiri. Menang dengan cepat tentunya merupakan idaman bagi setiap pecatur. Bagaimana bila raja lawan terbuka terhadap serangan? Raja ini terperangkap dalam jebakan yang dibuat oleh perwira Anda yang aktif dan menempati posisi-posisi yang strategis, dan setelah itu Anda dapat memaksakan skakmat, atau memenangkan beberapa material. Bagaimana bila lawan mengembangkan buah caturnya jelek? Biasakan melihat dan mencari kesempatan untuk memanfaatkan perkembangan jelek dari lawan Anda.
Ada beberapa macam tipe perkembangan yang jelek. Sebagai contoh adalah memblokir diri sendiri. Ini akan mengarah pada suatu posisi yang buntu, dimana dapat Anda manfaatkkan dengan penuh keyakinan. Kadang lawan anda mengembangkkan buah caturnya terlalu cepat, tapi tidak menempatkan buah catur pada petak yang paling efektif bagi catur tersebut. Ada juga yang menempatkan buah caturnya pada petak yan tepat, tetapi pada saat yang salah.
Bagaimana bila menteri lawan tidak ikut berperan atau dalam bahaya? Karena menteri adalah buah catur yang paling tinggi nilainya dan paling kuat dari seluruh buah catur yang ada, maka mungkin saja lawan Anda terlalu berhati-hati dalam melakukan pengembangan buah catur yang satu ini. Namun, terlalu n. dalam melakukan pengembangan, justru membawa suatu keadaan dimana menteri tidak ikut dalam permainan yang sedang berjalan. Pada dasarnya, ada dua jenis dari beberapa situasi dimana Anda dapat mengharapkan keuntungan yang sangat menentukan. Menteri musuh tidak ikut dalam pertempuran karena posisinya yang terlalu jauh dari medan pertempuran. Tipe yang lain adalah dimana lawan Anda telah mengembangkan menterinya terlalu awal dan berusaha untuk memperoleh kemenangan taktis. Banyak kesempatan untuk memenangkan permainan yang muncul pada tahap pembukaan. Yang penting adalah mellihat kesempatan itu datang, serta bagaimana memanfaatkannya.
Bagaimana bisa memenangkan permainan dengan langkah yang tak terduga? Langkah tak terduga atau kejutan merupakan cara terbaik untuk mengalahkan lawan dengan cepat. Kadang-kadang hal ini terjadi dalam bentuk situasi dimana kita justru sedang mengalami serangan yang gencar. Saat kita diserang, lawan mungkin melupakan pertahanan dan lengah sehingga kita dapat melakukan serangan balik.
Bagaimana memenangkan permainan dengan langkah yang penuh kekuatan? Dalam soal-soal ini digambarkan berbagai cara untuk menang dengan cepat. Ini sangat penting bagi pemula maupun ahli untuk mempelajari teknik membuat pukulan akhir yang mematikan. Semua posis i yang dibahas dalam soal-soal berikut ini diambil dari berbagai partai permainan yang dimainkan oleh pecatur terkenal tingkat dunia.Dalam beberapa posisi diagram berikut ini, proses kemenangan ditunjukkan secara jelas, sedangkan yang lain agak ‘ditutupi’ dengan harapan Anda dapat mencarinya sendiri sebagai bahan latihan.Buku ini merupakan buku ke-tiga dari serial buku tentang permainan catur yang telah diterbitkan. Yang dibahas dalam buku ini merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari materi yang telah dibahas dalam buku pertama dan kedua.
Sampul buku sangat menarik dan imajinatif. Bahasanya mudah dipahami, dan materinya disertai dengan ilustrasi. Sayangnya ada halaman buku yang tidak sesuai dengan daftar isi, juga warna buku masih hitam putih, walau begitu harga buku relative terjangkau. Hadir dengan kertas HVS dan font yang lebih nyaman dibaca.
Buku ini sangat pantas untuk dimiliki. Jangan menjadi orang yang merugi karena tidak mendapatkan ilmu dari buku ini. Di dalam buku karya Bey Magethi ini diuraikan berbagai contoh yang menjelaskan bagaimana seorang pemain dapat menang dengan cepat, terutama dengan memanfaatkan kecerobohan dan kelemahan dari lawan.
Untuk memperoleh kemenangan, Anda harus banyak berlatih menyelesaikan berbagai problem. Ingat, bahwa catur mengandung unsur sport, jadi tak hanya cukup dibaca bukunya saja, tapi untuk menjadi mahir harus banyak berlatih dan bertanding. Gens Una Sumus.















No comments:

Post a Comment